Trigonometri : Pengertian, Rumus, Sifat, Kegunaan

  • by
Trigonometri : Pengertian, Rumus, Sifat, Kegunaan

Ilmu matematis ttrigonometri bukan lahir tanpa sejarah. Ilmu ini pertama kali disebut dari bahasa Yunani yaitu Trigonon atau tiga sudut dan metron yang artiny amengukur. Trigonometri adalah sebuah cabang  matematika yang mempelajari hubungan panjang dan sudut segitiga. Ilmu ini muncul pada zaman Hellenstik pada abad 3 SM dari penggunaan geometri astronomi. Jika salah satu sudut 90 derajat diketahui, maka dengan demikian sudut ketiganya juag dapat ditemukan. 

Mungkin dalam kehidupan sehari hari, terlihat ilmu ini tidak memiliki kekuatan atau manfaat apapun dalam menunjang hidup. Padahal sebenarnya, ilmu ini memiliki kegunaan yang cukup banyak. Tentunya manfaat yang juga dapat dirasakan di kehidupan manusia sehari hari. 

Kegunaan Trigonometri

Trigonometri ini banyak dimanfaatkan oleh para ilmuan terutama bagian astronomi yang termasuk navigasi, di laut, udara dan angkasa. Bahkan trigonometri juga berguna dalam bidang ilmu musik, akustik, optic, analisis pasar finansial, elektronik, teori probabilitas, statistika, biologi, kimia, teori angka,s eismologi, meteorology, oseanografi, dan berbagai cabang ilmu fisika lainnya. bagitu juga ilmu ini sangat diterapkan oleh orang orang teknik untuk mengukur mesin, sgrafik komputer, kartografi, listrik dan lainnya. 

Saat ini telah berkemabng trigonometri modern yang mana melibatkan penyebaran dan kuadran., bukan sudut dan panjang. Pendekatan modern ini disebut sebut sebagai trigonometri rasional dan merupakan hasil kerja dari Dr. Norman Wildberger dari Universitas New South Wales. 

Sifat Trigonometri 

Sifat Trigonometri

Trigonometri bisa dikategorikan sebagai bilangan unik. Ada banyak rumus pasti untuk menemukan ahsil dari kasus ssoal yang dicari. Dengan menggunakan rumus itu, hasil akan mudah ditemukan dan pastinya hasilnya pasti. Tidak akan berubah kecuali soalnya berbeda. Rumus yang diguanakn tetap sama. Itulah sifat rtigonometri 

Rumus dasar yang merupakan kebalikan 

  • Cos ec a = 1/sin a
  • Sec a = 1/cos a
  • Cot a = 1/ tan a

Rumus dasar yang merupakan hubungan perbandingan 

  • Tan a  = sin a/ cos a
  • Cot a = cos a/ sin a

Rumus dasar yang diturunkan dari terorema Phytagoras 

  • Cos2a + Sin2a = 1
  • 1 + tan2a = sec2 a
  • 1 + cot2a = cosec2.a

Sifat trigonometri memang sangat unik. Ada bilngan khusus yang pastinya membuat hasilnya jadi lebih mudah ditemukan. Kemudian rumusnya pun cukup dihafalkan, karena analisis lapangan biasanya terjadi saat menyelesaikan kasus soal atau saat berada di lapangan. Selain rumus dasar ini, trigonometri juga digunakan untuk menghitung statistic para pegawai Karena kesehatannya menurun. 

Selain ada rumus yang telah diberikan di atas, ada juga sudut istimewa dalam trigonometri yang wajib anda hafalkan. Sudut istimewa ini bisa digunakan untuk menyelesaikan soal yang diberikan kepada guru. Metode pembelajarannya cukup dihafalkan, dan pecahkan kasus. Untuk itu, bagi yang masih belum tahu apa yang dimaksud dengan sudut istimewa, berikut adalah tabel sudut istimewa yang bisa membantu anda menyelesaikan soal soal trigonometri :

000300450600900
Sin 00½½ √2½ √31
Cos 01½ √31½ √2½0
Tan 001/3 √31√3

Tabel ini cukup and ahafalan, dan temukan hasilnya menggunakan rumus yang sudah diberikan. Nanti dibantu dengan sudut istimewa inilah, akan lebih mudah menentukan hasilnya. Karena dengan begitu, anda bisa menemukan hasilnya dengan lebih efisien dan fleksibel. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *