SDA yang Tidak Dapat Diperbarui

SDA yang Tidak Dapat Diperbarui

SDA yang Tidak Dapat Diperbarui 

Sebagai manusia yang hidup di bumi, tentunya kita semua butuh sumber daya yang tersedia di bumi untuk membantu kita dalam menjalankan kehidupan. Manusia tidak mungkin tidak butuh sumber daya alam yang diberikan bumi kepada kita. Sumber daya alam biasa disingkat menjadi SDA. Dan sudah pasti semua manusia sangat membutuhkan sumber daya alam ini. Bukan hanya untuk membantu manusia saja, melainkan seluruh komponen yang membantu kehidupan atau rantai makanan yang ada di bumi. 

Sumber daya alam bukan hanya terdiri dari makhluk hidup seperti hewan dan tumbuhan saja, melainkan seluruh komponen sumber daya yang tersedia di bumi termasuk dalam kategori sumber daya alam. Misalnya seperti batu, tanah, emas, tembaga dan lainnya. Di Indonesia, persebaran sumber daya alam tidaklah tersebar merata. Beberapa daerah kaya akan sumber daya alamnya, tapi di daerah tersebut malah tidak ada. 

SDA yang Tidak Dapat Diperbarui

Ini terjadi karena Indonesia memiliki jenis wilayah dengan suhu dan kelembapan berbeda. Kemudian pecahan pulau di Indonesia yang terlalu banyak membuat beberapa sumber daya alam juga terpecah menjadi bagian dari pulau tersebut. Maka dari itu tak heran jika banyak sumber daya yang ditemukan tidak sama. Kemudian, ada juga jenis sumber daya alam dalam kehidupan. Apa sajakah itu, mari kita lihat. 

Jenis  Sumber Daya Alam

  • Jenis SDA berdasarkan sumbernya

SDA berdasarkan sumbernya yaitu karena asal usul sumber daya tersebut tak bisa dipungkrii berasal dari sebuah sumber. Yang pertama adalah sumber daya alam biotik yang mana di dalamnya adalah SDA yang berasal dari makhluk hidup. 

Sedangkan bagi Anda yang penasaran, SDA juga bisa bersumber dari tambang, air, udara dan sebagainya yang tidak bisa ditoleransi bahwa hal tersebut juga termasuk sumber daya. Asal usul dalam sumber daya sangat penting, semakin SDA yang diambil jauh dan dalam, maka hasilnya akan sangat memuaskan siapapin yang menemukannya. 

  • Jenis SDA berdasarkan sifatnya

Berbeda dengan sebelumnya, kali ini adalah pernyataan bahwa sumber daya bisa dibedakan dalam sifatnya. Sifat utamanya memang ada dua yaitu sumber daya alam yang dapat diperbarui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Untuk itu, sebagai Anak muda harusnya bisa menjaga lingkungan agar SDA yang tidak dapat diperbaharui tidak bisa cepat habis. 

Jenis SDA berdasarkan sifatnya
Jenis SDA berdasarkan sifatnya

Berdasarkan sifatnya, sumber daya alam bisa dibedakan dari sda yang bisa diperbarui, yang tidak dapat diperbarui dan yang tidak akan habis. Ketiganya sama sama penting, sekalipun ada jenis sumber daya alam yang bisa diperbarui dan tidak akan habis harus dihemat dan digunakan secukupnya sesuai kebutuhan. 

Itu bisa membuat semua sumber daya alam tetap dinikmati oleh semua orang di masa depan. Sehingga orang orang di masa depan bisa merasakan semua sumber daya alam yang ada di bumi. Dengan begitu, tidak khawatir akan kekurangan dan kehabisan sumber daya alam ke depannya. 

SDA yang Tidak Dapat Diperbarui

Meskipun ada sumber daya alam yang tidak akan habis dan bisa diperbarui, yang paling harus diperhatikan adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Jika terjadi maksimal pemakaian dan membuat sumber daya alam tersebut habis dan tidak dapat diperbarui, maka bisa terjadi kepunahan atau kelangkaan. SDA yang tidak dapat diperbarui adalah jenis sumber daya yang bisa tumbuh tanpa diduga dan direncanakan, alias tumbuh secara alami. Maka dari itu, manusia harus menghemat dalam pemakaian. Sebisa mungkin dijadikan suatu hal yang tidak dihambur-hamburkan atau disia siakan. 

Untuk itu ada beberapa sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui yang perlu anda ketahui. Penting untuk diperhatikan agar jika anda menemukannya, anda bisa memghemat atau meminimalisir pemakaian dengan jangka panjang. Sehingga tidak membuat Anda menggunakan dan melakukan penggunaan secara berkala.

SDA yang Tidak Dapat Diperbarui
SDA yang Tidak Dapat Diperbarui
  • Emas

Emas atau logam mulia adalah salah satu jenis logam yang memiliki nilai tinggi. Pada zaman dahulu, emas biasa digunakan sebagai alat tukar atau yang kita kenal saat ini adalah uang. Tapi seiring berjalannya waktu karena jumlah emas di bumi tergolong langka dan cara mendapatkannya lumayan susah, akhirnya emas dijadikan logam mulia yang tidak sembarang orang bisa mendapatkannya. Ini juga yang menyebabkannya menjadi salah satu sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, karena emas sudah semakin langka ditemukan. 

  • Intan

Jika Anda pernah menggunakan perhiasan seperti cincin, kalung, gelang dan lain sebagainya. Intan menjadi salah satu bahan yang sangat terkenal. Sumber daya alam yang masih satu keluarga dengan berlian ini menjadi sangat populer saat banyak para desainer mengembangkannya menjadi liontin dan putih pada perhiasan perhiasan mewah. Harganya juga semakin tinggi, tapi juga pencarian sumber daya alam cantik ini makin langka. 

  • Bahan Bakar Fosil

Kategori bahan bakar fosil adalah batu bara, minyak bumi, dan gas. Ketiga bahan ini sebenarnya bisa diperbarui atau bisa terbarukan melalui proses alami. Namun menurut penelitian, bahan bakar fosil ini memiliki waktu regenerasi yang lebih lama dibandingkan dengan pemakaiannya. Itulah sebabnya bahan bakar fosil bisa disebut sebagai langka. 

Banyak orang memanfaatkan sumber daya tidak habis seperti air, angina, dan matahari yang digunakan sebagai pengganti dari sumber daya alam yang tidak terbarukan ini. Diduga, sumber daya atau bahan bakar fosil ini akan menjadi sangat mahal di masa depan. Itu seababnya penelitian banyak yang membuka bagaimana caranya hidup dengan sumber daya yang tidak akan habis, dan dapat digunakan secara berkala hingga di masa depan. 

SDA yang Tidak Dapat Diperbarui
SDA yang Tidak Dapat Diperbarui
  • Material Radioaktif 

Di banyak negara, nuklir dijadikan sebagai sumber daya untuk bahan baku lostrik karena tenaga nuklir yang sangat besar. Material radioaktif termasuk salah satu bahan paling dikenal adalah nuklirnya, dan sumber daya alam itu disebut sebagai sumber daya yang tidak dapat diperbaru karena regenerasinya sangat susah. Untuk mendapatkannya pun bukan hal mudah dan itu membuat material radioaktif ini susah untuk diperbarui. 

  • Air Akifer

Air akifer adalah salah satu air yang proses pembuatannya dibatasi dengan berbagai alur yang sangat menyusahkan. Air akifer ini umumnya berada di lipatan lipatan batuan. Sebenarnya seperti air biasa, namun proses hingga menjadi air arfiker ini cukup susah dan prosesnya sangat lama. Untuk itu disebut sebagai sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui karena jumlah konsumsi dengan waktu regenerasinya tidak seimbang. 

Tentunya, setiap sumber daya alam yang dapat diperbarui, yang tidak akan habis dan tidak dapat diperbarui tetap harus melakukan penghematan dalam penggunaan. Karena dengan begitu kita juga menjaga kesehatan lingkungan kita. Sekalipun udara adalah salah satu sumber daya yang tidak akan habis, tapi jika selalu menggunakan kendaraan yang mengundang polusi, maka udara yang kita hirup menjadi tercemar polusi dan bisa merusak kesehatan orang orang. 

Peduli pada lingkungan tetap menjadi tugas semua manusia di muka bumi. Pada apapun dan siapapun termasuk sumber daya alam yang menjadi elemen kehidupan manusia. Jika tidak menjaganya dengan baik, maka manusia juga tidak bisa memiliki kesempatan hidup yang baik. Lingkungan yang sehat mendukung semua elemen kehidupan manusia, jadi jagalah dengan baik 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *