Rumus Keliling dan Luas Jajar Genjang

Rumus Keliling dan Luas Jajar Genjang

Jajar genjang atau jajaran genjang adalah salah satu bangun datar mempunyai dua dimensi dari dua pasang rusuk yang sama panjang dan sejajar. Selain itu bangun jajar genjang ini juga memiliki dua pasang sudut yang masing-masing sama besar dengan sudut di hadapannya.

Dari sifat-sifat jajar genjang yang memiliki empat sisi yang berhadapan sama panjang, serta sudut-sudut yang berhadapan sama besar dengan diagonal saling berpotongan di tengah, maka dapat disimpulkan semua rumus jajar genjang.

Rumus Keliling Jajar Genjang

Rumus Keliling Jajar Genjang

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, jajar genjang memiliki 4 sisi. Bisa dibentuk dari dua buah segitiga yang kongruen (sama dan sebangun). Apabila kedua segitiga tersebut diimpitkan pada, akan diperoleh bangun segi empat. Tapi bila bentuk jajar genjang ini memiliki 4 sisi yang sama panjang, maka bentuk itu bukanlah jajar genjang, melainkan belah ketupat.

Jadi pengertian jajar genjang ini bisa disimpulkan sebagai bangun segi empat yang dibentuk dari sebuah segitiga dan bayangannya yang diputar setengah putaran (180°) pada titik tengah salah satu sisinya. Dari penjelasan tersebut dapat ditemukan sebuah rumus jajar genjang, salah satunya keliling jajar genjang.

Dari sifat-sifatnya dapat diketahui bahwa pada setiap jajargenjang kedua diagonalnya saling membagi dua sama panjang. Jajar genjang juga diketahui memiliki tiga jenis, dan dari ketiga jenis jajar genjang tersebut tetap memiliki rumus keliling yang sama. Keliling jajar genjang adalah jumlah panjang keempat sisinya. 

Dengan kata lain, rumus jajar genjang yang diketahui salah satunya adalah keliling jajar genjang. Dan keliling ini dapat dibentuk dalam rumus seperti berikut, yaitu

K = 2 x (a + b)

Rumus ini dapat dijelaskan 2 kali sisi alas ditambah 2 kali sisi miring. Kedengaran mudah dan tidak membingungkan untuk rumus yang satu ini, lebih disederhanakan lagi dengan menjumlahkan semua sisinya agar lebih mudah dihapal.

Rumus Luas Jajar Genjang

Rumus Luas Jajar Genjang

Selain keliling, rumus lain yang dimiliki sebuah bangun datar adalah luas. Begitupun dengan jajar genjang, dari rumus jajar genjang salah satunya adalah rumus luas. Rumusnya lebih simpel dan mudah diingat.

Pengertian luas sebenarnya adalah besaran yang menyatakan ukuran dua dimensi, atau besar area atau wilayah sebuah bangun. Dan luas dapat dicari dengan mengalikan sisi-sisi yang ada pada bangun tersebut, baik bangun datar maupun bangun ruang. 

Karena jajar genjang bisa dibentuk dari gabungan dua buah segitiga yang kongruen, maka rumus luas pada jajar genjang dapat diambil dari sisi segitiga tersebut. Sifat dasar segitiga memiliki alas dan tinggi, maka rumus luas untuk jajar genjang adalah hanya alas dikalikan dengan tinggi, dengan rumus sebagai berikut:

L= a x t

Setelah mengetahui rumus-rumus dari jajar genjang, tentunya akan langsung masuk dalam penerapan soal. Jika soal yang ditemukan hanya sekedar mencari luas dan keliling mungkin akan sangat mudah dengan menggunakan rumus-rumus tadi. Tapi jika kasusnya berbeda, seperti misalkan harus mencari besarnya keliling dari besar luas yang diketahui tentunya bukan persoalan yang biasa saja.

Artinya, masih bisa mencari dengan rumus yang sudah ada tapi dengan mencari yang belum terlebih dulu yaitu panjang sisi-sisinya. Dan Anda semua pasti tahu bagaimana cara mencarinya hanya dengan membolak balikan rumus yang sudah diberikan. Kalau Anda penasaran dan ingin mencoba, carilah beberapa pola soal dengan menggunakan rumus jajar genjang tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *