5 Daftar Masjid Terbesar dan Megah ini Terletak di Indonesia, Wajib Kamu Kunjungi!

masjid di indonesia

Sebuah masjid sangat penting keberadaannya bagi umat muslim di seluruh dunia. Tak terkecuali di Indonesia yang merupakan negeri dengan mayoritas beragama Islam. Tak heran jika di banyak masjid besar di nusantara yang menarik dikunjungi. 

Beberapa masjid yang akan diulas berikut ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat beribadah, melainkan juga menjadi destinasi wisata religi. Tentunya tanpa mengurangi kesakralan tempat beribadah, pengunjung juga perlu memahami tatakrama yang tepat ketika mengunjungi masjid.

5 Masjid Besar dan Megah di Indonesia

Wisata ke masjid bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menikmati waktu berlibur. Di Indonesia banyak terdapat masjid dengan arsitektur unik yang menarik dikunjungi. Apa sajakah masjid tersebut? Berikut diantaranya. 

1. Masjid Istiqlal Jakarta

Masjid besar pertama yang akan dibahas adalah Masjid Istiqlal di Ibukota. Bagi warga Jakarta dan sekitarnya pasti sudah tidak asing dengan tempat ibadah umat Islam yang satu ini. Bahkan masjid ini dinobatkan sebagai masjid terbedar di Asia Tenggara lho. 

Masjid Istiqlal memiliki kapasitas jamaah sampai 200.000 orang. Salah satu hal menarik yang menjadikan masjid ini ikonik adalah keberadaannya yang saling berhadapan dengan Gereja Katerdral Jakarta. Keduanya merupakan tempat ibadah yang megah bagi umat Kristen. 

Tidak hanya sebagai tempat beribadah, Masjid Istiqlal juga kerap kali dijadikan sebagai destinasi wisata religi. Bahkan sering diadakan event Islami untuk masyarakat secara umum. Untuk beberapa kesempatan juga tempat ibadah ini juga kedatangan tamu kehormatan negara.

2. Masjid Raya Makasar

Masjid ini merupakan masjid terbesar kedua di Provinsi Sulawesi Selatan. Dibangun sekitar tahun 1948-1949, masjid ini berdiri di area seluas 13.912 meter persegi. Sedangkan untuk kapasitas jamaah yang bisa ditampung adalah sebesar 60.000 orang. 

Daya tarik masjid ini tidak hanya seputar kemegahan dan halamannya yang luas saja. Sebuah Al Qur’an raksasa juga bisa ditemui di dalamnya. Al Qur’an berukuran 1 m x 1,5 m tersebut memiliki berat sekitar 584 kilogram. 

3. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid yang berada di Kota Serambi Mekkah ini memang sudah cukup terkenal di tanah air. Masjid Raya Baiturrahman memang berada di Provinsi NAD (Nanggroe Aceh Darussalam) yang mayoritas warganya beragama Islam.

Tak heran jika masjid ini juga merupakan yang terbesar di Aceh dengan luas bangunan 4.760 m2. Sedangkan kapasitasnya mencapai 30.000 jamaah. Tidak hanya itu, keunikan arsitektur masjid ini juga begitu menarik perhatian. 

Interior dan eksterior masjid ini bergaya Kesultanan Turki Utsmani dengan kolam air mancur sebagai hiasannya. Tak heran jika masjid ini menjadi salah satu tujuan wisata menarik wisatawan dari berbagai daerah.

4. Masjid Islamic Center Samarinda

Masjid besar lainnya di nusantara adalah Masjid Islamic Center Samarinda. Masjid bergaya arsitektur Eropa ini memiliki luas 43.500 m2. Tidak hanya itu, masjid ini tampak begitu megah dengan 15 lantai dan 6 menara di dalamnya. Masjid ini memiliki kubah dengan diameter yang cukup lebar, tentu hal ini membuat harga kubah masjid tidak membutuhkan biaya yang sedikit.

Tidak hanya itu, masjid ini juga memiliki keunikan tersendiri karena arahnya yang berhadapan langsung dengan Sungai Mahakam. Tak heran jika masjid ini tak pernah sepi dari pengunjung yang ingin melakukan ibadah sekaligus berwisata religi. 

5. Masjid Kubah Emas

Masjid Kubah Emas begitu terkenal di tanah air. Bahkan masjid yang berada di Depok, Jawa Barat ini sempat hangat diperbincangkan sehingga sering dibanjiri pengunjung. Salah satu daya tariknya tentu pada bagian kubahnya yang terbuat dari emas yang megah. 

Tak heran jika masjid ini menjadi salah satu destinasi wisata religi yang sayang dilewatkan. Jika Anda berniat mengunjunginya, arsitektur masjid ini akan begitu memanjakan mata. Tidak hanya bagian kubahnya yang menarik, namun juga ornamen-ornamen lainnya. 

Sebut saja lampu gantung, relief, dan kaligrafi yang menambah kesan keindahan di masjid ini. Tidak hanya itu, masjid ini juga memiliki pagar pembatas di lantai dua yang dilapisi emas lho. Jadi, dijamin mengunjungi masjid ini akan membuat Anda terperangah. 

Tips Mengunjungi Masjid untuk Wisata Religi

masjid besar di indonesia

Setelah mengetahui beberapa masjid besar di tanah air, mungkin Anda tertarik untuk mengunjunginya suatu hari nanti. Terlebih jika sudah memasuki bulan Ramadhan, tentunya kegiatan ini akan semakin ramai dilakukan. 

Namun sebelum melakukan wisata religi ke masjid, ada baiknya memahami beberapa tips mengunjungi masjid berikut ini.

1. Mencari Tahu Tentang Masjid yang Ingin Dikunjungi

Berwisata ke masjid yang megah dan unik memang mengasyikkan. Namun ada baiknya Anda mencari informasi ringkas terlebih dahulu mengenai masjid tersebut. Anda bisa mengetahui hal seputar masjid yang ingin dikunjungi dengan mudah melalui internet. 

Mengapa hal ini perlu dilakukan? Pada dasarnya, bisa saja beberapa hal tak terduga terjadi sebelum berangkat berwisata religi ini. Misalnya jika mengeksplor tentang tempat-tempat unik sekitar masjid, Anda bisa sekaligus bisa mengunjungi tempat tersebut.

2. Perhatikan Cara Berpakaian

Seperti yang telah diketahui, masjid merupakan tempat ibadah yang tentunya bernilai sakral. Masjid menjadi tempat beribadah bagi umat muslim secara khusyuk. Oleh karena itu, mengunjungi masjid harus berpakaian rapi dan sopan. 

Hal ini dilakukan untuk menghormati jemaat sekaligus nilai sakral masjid itu sendiri. Pada dasarnya, Anda bisa menggunakan pakaian sopan, tertutup, dan tidak mencolok. 

3. Mematuhi Peraturan Di Sekitar Masjid

Pada dasarnya, setiap tempat yang dikunjungi pasti memiliki peraturan yang berbeda-beda. Tak terkecuali ketika Anda ingin berwisata religi ke masjid. Pastikan untuk menghindari berbagai hal yang dilarang ketika berada di area masjid. 

Perhatikan setiap peraturan yang ada, bisa jadi memang berbeda dibanding masjid lain yang biasa ditemui. Sebaiknya hindari aktivitas merias diri dan tidur-tiduran saat berada di masjid. 

4. Mengabadikan Momen Tidak Berlebihan

Ketika mengunjungi suatu tempat, adalah sesuatu yang wajar ketika Anda ingin mengabadikan momen tersebut. Namun, pastikan aktivitas dokumentasi tersbeut tetap memperhatikan peraturan yang ada. 

Bisa jadi di masjid tersebut tidak mengizinkan pengambilan gambar untuk hal tertentu. Oleh sebab itu, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu perihal hal ini kepada petugas masjid. 

5. Menghormati dan Tidak Mengganggu Proses Ibadah

Aktivitas ibadah merupakan hal yang sakral dan menyangkut hubungan manusia dan sang pencipta. Oleh sebab itu, hindari mengganggu orang yang sedang beribadah. Jangan sampai membuat kegaduhan, bicara terlalu keras, dan sebagainya.

6. Menjaga Kebersihan Area Masjid

Hal ini tak kalah penting diperhatikan bagi pengunjung masjid. Pada dasarnya, menjaga kebersihan di tempat yang dikunjungi merupakan sebuah  keharusan. Terlebih jika tempat tersebut merupakan tempat ibadah yang sifatnya sakral. 

Mungkin masjid yang dikunjungi memang memiliki petugas kebersihan tersendiri, namun tanggung jawab kebersihan sudah seharusnya menjadi tanggung jawab bersama.

Mengunjungi masjid besar dan megah memang bisa memanjakan mata Anda. Terlebih ketika melihat bagian kubahnya yang menjadi salah satu identitas sebuah masjid. Anugrah Kubah Indonesia menjadi salah satu perusahaan jasa konstruksi kubah terkemuka di tanah air. 

Kami sudah berpengalaman merancang berbagai konstruksi kubah di berbagai masjid. Kualitas kubah yang ditawarkan dikenal awet dan memiliki tampilan yang menarik. Jadi tunggu apalagi, segera lakukan konsultasi pemesanan konstruksi kubah untuk masjid yang sedang dibangun!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *