Manfaat Sayur Rebung Bagi Kesehatan

Rebung merupakan tunas bambu yang memiliki banyak manfaat yang mungkin belum banyak orang ketahui. Masyarakat di Indonesia umumnya mengolah rebung menjadi sayur pelengkap nasi. Rebung sendiri merupakan tunas bambu muda yang bisa dikonsumsi.

Mengkonsumsi sayur rebung sangat baik untuk Anda yang sedang diet dan mau berat badannya turun. Sebab, sayuran dari tunas bambu ini mengandung sedikit sekali kalori terutama jika diolah dengan tepat.

Manfaat sayuran rebung untuk kesehatan sangat dipengaruhi adanya kandungan serat yang berlimpah dan juga minim kalori serta lemak jahat. Meskipun sederhana dan kadang cukup sulit ditemukan terutama di saat-saat tertentu.

Namun, sayur rebung memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan. Berikut rangkuman tentang manfaat sayur rebung untuk kesehatan, diantaranya.

1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat sayur rebung untuk kesehatan yang pertama ialah membantu menurunkan dan menjaga berat badan agar tetap ideal. Jika Anda mengkonsumsi 3,5 ons sayuran rebung yang telah dimasak, maka kalori yang dihasilkan cuma sekitar 12 sampai 19 kalori. Di samping itu, sayuran rebung juga tidak mengandung natrium dan juga lemak jahat. Sehingga tidak perlu khawatir akan adanya penumpukan lemak.

Dalam sayuran rebung kalengan terkandung 3 gr karbohidrat, sementara sayur rebung yang segar mengandung 2 gr karbohidrat. Meski demikian, keduanya sama-sama mengandung protein sekitar 1,6 gr. Tetapi, jika Anda mengolah sayuran rebung bersama santan, minyak dan campuran lain yang bisa merusak nutrisi rebung. Maka manfaat tersebut akan sulit dirasakan sepenuhnya.

2. Memperlancar Buang Air Besar

Selanjutnya manfaat sayuran rebung untuk kesehatan ini adalah mendukung proses buang air besar jadi lebih lancar. Seperti yang sudah diuraikan sebelumnya, sayuran rebung termasuk kaya serat baik. Jika Anda mengkonsumsi 3,5 ons sayuran rebung yang telah dimasak dengan baik maka sudah bisa memenuhi kebutuhan serat harian.

Sebagaimana kita ketahui bahwa serat berfungsi untuk memperlancar proses pencernaan. Terlebih ketika Anda sedang mengalami masalah konstipasi, dengan mengkonsumsi sayuran rebung bisa membuat tinja lebih mudah saat melewati usus besar. Dengan begitu, Anda tak perlu lagi mengejan berlebihan saat buang air besar.

3. Menurunkan Kolesterol

Manfaat sayur rebung selanjutnya untuk kesehatan ialah untuk membantu membuat kadar kolesterol jahat dalam darah menjadi berkurang. Serat di dalam sayur rebung tak hanya baik untuk kesehatan pencernaan, tapi juga baik untuk mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam peredaran darah.

LDL atau kolesterol jahat bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan, diantaranya seperti penyumbatan pembuluh darah yang bisa memicu penyakit jantung koroner meningkat. Serta sejumlah lainnya yang erat kaitannya dengan masalah pembuluh darah. Menurut ahli, kadar kolesterol di dalam tubuh berasal dari asupan makanan yang tinggi kandungan lemak jenuh

Sebagaimana yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa sayuran rebung tidak memiliki kandungan lemak jahat, sebaliknya justru kaya akan kandungan serat dan kalium. Sehingga Anda dapat menjaga kadar kolesterol tetap stabil. Jadi, sayuran rebung termasuk salah satu sumber nutrisi yang baik untuk penderita kolesterol.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Kardiovaskular

Sejumlah penelitian yang dilakukan di Washington State University, menemukan bahwa rebung mengandung senyawa asam fenolik yang mampu memberikan perlindungan terhadap kanker dan berbagai masalah kardiovaskular. Hal ini karena sifat antioksidannya yang luar biasa.

Selain itu ada kandungan fitokimia lainnya di dalam rebung, yakni lignan, yang memiliki sifat antivirus dan antijamur.  Sehingga tubuh memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik dari serangan penyakit. Lebih jauh lagi, rebung juga mengandung fitosterol serta fitonutrien yang mampu menjaga kesehatan jantung serta menurunkan risiko masalah lainnya.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat sayur rebung selanjutnya untuk kesehatan ialah menjaga kulit tetap sehat. Sayuran ini bahkan bisa jadi alternatif yang cukup terjangkau untuk membuat kulit tetap terjaga kesehatannya.

Jika Anda terbiasa menggunakan bahan-bahan yang sama, kini saatnya untuk beralih ke sayuran rebung. Pasalnya, di dalam sayuran rebung terdapat kandungan vitamin C dan vitamin E yang dapat mencegah terjadinya kerusakan kulit yang diakibatkan radikal bebas.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Sejumlah peneliti menyebut jika nutrisi di dalam sayuran rebung dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Ini karena kandungan vitamin di dalam sayuran rebung membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Terlebih ketika memasuki musim penghujan, tentu bakteri dan juga virus akan menyebar dengan lebih mudah hingga menyebabkan sakit. Karenanya, untuk meningkatkan daya tahan tubuh, disarankan untuk mengkonsumsi sayuran rebung secara berkala.

Demikian tadi informasi menarik tentang manfaat sayur rebung untuk kesehatan. Semua manfaat sayuran rebung yang baik untuk kesehatan tersebut bisa Anda peroleh jika mengonsumsi sayuran rebung yang diolah dengan cara yang sederhana, seperti direbus ataupun ditumis.

Sebaliknya semua nutrisi baik di dalam sayuran rebung akan hilang jika Anda memasaknya dengan bumbu yang kompleks dan bahan tambahan lainnya yang penuh lemak. Karenanya, perhatikan betul cara memasak sayur rebung agar manfaat baiknya bisa dirasakan dengan maksimal. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *