Manfaat Sayur Labu Bagi Kesehatan

Labu merupakan salah satu jenis yang cukup populer di Indonesia dan ada begitu banyak jenis labu, salah satunya ialah labu siam. Sayuran yang satu ini bisa dinikmati dengan direbus langsung bersama kulitnya atau bisa juga diolah menjadi olahan kuliner lainnya. Hingga akhirnya membuat sayuran ini sebagai bahan untuk membuat sayur lodeh, lontong sayur, tumis labu, lalapan, dan lain sebagainya. Kira-kira apa saja manfaat dari labu siam ini bagi kesehatan?

Kandungan Nutrisi  dalam Labu Siam

Meski tak sepopuler jenis sayuran yang lain, nyatanya labu siam memiliki manfaat yang begitu luar biasa untuk menjaga kesehatan. Sayuran yang satu ini menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada bayi. Misalnya saja cacat pada tabung saraf, malformasi ekstremitas, jantung, hingga keguguran.

Lalu, apa saja manfaatnya bagi kesehatan kita? simak beberapa ulasan berikut,

1. Menjaga Kadar Kolesterol

Sebagaimana yang sudah diungkapkan sebelumnya, bahwa labu siam minim sekali kandungan kalorinya dan bebas kolesterol atau lemak jenuh. Hal tersebut membuat labu siam sangat cocok jadi asupan makanan yang bagus untuk menjaga tingkat kolesterol dalam tubuh tetap dalam batas yang normal.

2. Membuat Tekanan Darah tetap Terkontrol

Manfaat sayur labu siam yang lainnya ialah l membantu mengontrol dan menjaga tekanan darah tetap stabil. Pasalnya, jenis sayuran yang satu ini memiliki sifat diuretik alami yang ringan. Jadi sangat cocok untuk dikonsumsi penderita hipertensi untuk menjaga tekanan darahnya tetap stabil.

3. Mengatasi Kurang Darah (Anemia)

Anemia merupakan kondisi dimana tubuh mengalami kekurangan zat besi. Nah, ternyata manfaat sayur labu siam salah satunya ialah mengatasi masalah anemia. Sebab, di dalamnya sangat kaya akan nutrisi tersebut. Kandungan vitamin dan juga zat besi yang ada di dalam sayuran labu siam mampu membantu sel darah merah hemoglobin lebih mudah mengikat oksigen. Sehingga menurunkan risiko kurangan darah atau anemia.

4. Menangkal Paparan Radikal Bebas

Sayur labu siam merupakan sayuran yang jadi salah satu sumber vitamin C. Sebagaimana kita ketahui, kandungan tersebut bekerja sebagai antioksidan yang cukup kuat. Nah, senyawa antioksidan sendiri merupakan zat yang mampu membantu mencegah terjadinya kerusakan sel akibat paparan radikal bebas. Tak cuma menangkal saja, vitamin C di dalam labu siam juga mampu membantu mencegah terjadinya kerusakan kulit yang menyebabkan munculnya penuaan dini.

5. Mengurangi Risiko Kanker

Senyawa antioksidan di dalam sayuran labu siam seperti flavonoid polifenol mampu mengikat dan melawan radikal bebas yang cukup berbahaya untuk tubuh. Pasalnya radikal bebas tersebut bisa memicu muncul sel kanker di dalam tubuh. Itulah mengapa jika Anda rutin mengkonsumsi sayuran labu siam dengan rutin, maka bisa membantu mengurangi risiko adanya sel kanker di dalam tubuh.

Selain itu, sebuah studi yang dilakukan di UGM baru-baru ini menyebut jika sayuran labu siam dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku salep untuk alternatif pengobatan melanoma maligna. Ini karena kandungan senyawa flavonoid serta saponin dalam labu siam yang merupakan salah satu senyawa metabolit sekunder yang memiliki sifat anti kanker.

Nah, demikian tadi informasi tentang manfaat sayur labu siam yang cukup banyak. Dengan mengetahui manfaatnya, semoga bisa memberikan sedikit wawasan yang bermanfaat. Perlu diingat, jika ingin mendapat manfaat yang maksimal dari labu siam sebaiknya perhatikan soal pengolahannya. Hindari pengolahan yang lama dan bahan tambahan lainnya yang bisa merusak nutrisi penting dalam sayuran tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *