Macam Macam Font Style

Macam Macam Font Style

Macam Macam Font Style 

Saat menggunakan ponsel, laptop, komputer, atau menulis biasa, pasti semua orang punya ciri khas masing masing saat menulis. Jenis tulisan yang dipakai bisa tergantung suasana, mood dan sejenisnya. Tapi pernahkah Anda mendengar, bahwa font styele tulisan dalam sebuah kertas bisa memengaruhi pembacanya. Tahukah Anda, ada banyak macam macam font style yang jarang sekali disentuh orang orang. 

Biasanya digunakan oleh para desain grafis yang biasa mencetak spanduk atau tulisan besar seperti poster, baliho, majalan dan lainnya. Semua memiliki fungsi dan sugesti pengilahatan mata untuk setiap tulisan yang dibuatnya. Maka dari itu, beberapa perusahaan membuat font style yang pas untuk karakter perusahaan. Beberapa orang menganggap bahwa font style dalam sebuag lembar kertas memiliki makna yang cukup berat. 

Terutama bagi Anda para desainer spanduk atau sejenisnya, font styile dalam tulisan yang dibuat bisa sangat memengaruhi spanduk tersebut. Padu padan satu dengan tulisan lainnya menjadi pertimbangan orang orang dalam situasi akan melanjutkan membaca atau tidak. Tapi yang pasti, dengan menggunakan font style yang tepat, maka orang jadi mudah membaca dan tersugesti untuk membaca informasi tersebut sampai habis. 

Ini terlah menjadi rahasia banyak orang, maka dari itu ada macam macam font style yang biasa digunakan para desain grafis untuk menentukan hasil desain yang terbaik. Jika Anda belum tahu apa saja font style yang sering digunakan orang orang dalam membuat desain grafis, berikut adalah macam macam font style yang biasa digunakan. 

Macam Font Style

Ada banyak macam dan semuanya memiliki keistimewaan masing-masing. Jadi Anda bisa menyesuaikan dengan desain yang Anda buat. Karakter apa yang sedang dibangun dan pastinya akan memengaruhi font style pada apa yang telah didesain. 

  • Serif 
font serif
font serif

Bagi yang tidak tahu, serif adalah jenis tipografi yang terdiri dari garis dengan tanda guratan kecil yang mudah dibaca. Serif adalah jenis tulisan asli alphabet lain. Biasanya dipakai untuk kata dalam bahasa resmi, karena jenis tulisan ini memiliki bentuk tulisan yang tegak dan tidak bersandar. Contoh-contoh font style nya adalah Times New Roman, New Century, Gothic dan Palatino. 

  • Sans Serif
font sans serif
font sans serif

Istilah Sans Serif berasal dari dua kata dan dari dua bahasa yang berbeda. Pertama Sans artinya dalam bahasa Prancis adalah tanpa, dan Serif dalam bahasa Belanda adalah Garis. Jadi kalau digabungkan, Sans Serif yaitu sebuah bentuk tulisan yang tanpa guratan atau garis. Alami hany sesuai dengan tulisan atau alphabet aslinya saja. 

Walaupun namanya hampir sama dengan font Serif, Sans Serif memiliki jenis tulisan yang sangat berbeda dengan Serif. Ia tidak memiliki hiasan atau guratan tambahan di sisi manapun. Atau biada disebut dengan guratan dari garis sederhana. Jenis tipografi ini biasanya lebih banyak dipakai untuk jenis kalimat atau tulisan yang santai dan sederhana. Beberapa contoh populernya adalah Helvetica, Avant Garde dan Genewa

  • Display

Tak seperti kebanyakan tulisan yang biasanya ditulis untuk sebuah kalimat, font Display biasa dipakai sebagai judul atau kalimat pembuka yang bertujuan untuk menarik perhatian pembaca. Paling banyak dipasang di iklan spanduk, sampul buku, judul koran, kemasan dan judul-judul lainnya. Biasanya, ukuran font Display menggunakan ukuran yang lebih besar dibanding dengan ukuran huruf lainnya. Atau biasanya bisa sampai ukuran >14.

  • Slab Serif

Slab Serif adalah jenis font yang sudah berusia sekitar 200 tahun dan berasal dari Inggris. Font ini memiliki ciri ciri bentuk yang gemuk atau berisi, jadi biasanya digunakan untuk judul. Ia juga digunakan di beberapa media untuk dijadikan huruf dalam judul untuk menarik perhatian pembaca. 

Banyak orang yang menggunakan font ini dalam desain yang bergerak, misalnya video atau papan presentasi. Biasanya digunakan untuk bidang periklanan karena Slab Service berukuran besar, tebal dan mencolok yang sangat cocok untuk dijadikan sampul dan judul iklan karena mampu menarik perhatian membaca. 

  • Comic

Seperti judulnya comic, font ini memang populer dan biasa digunakan di kalangan para pecinta kartun sebagai font dalam majalah bergambar atau komik-komik kartun. Font ini memiliki karakter yang sederhana khas untuk pembaca dan memudahkan mata supaya ringan saat membaca tulisannya. Dibuat dengan bentuk halus dan tidak ada ujung yang runcing, itu sebabnya dikatakan ramah untuk mata pembaca. 

Sangat jarang digunakan untuk tulisan lain, tulisan ini memang paling cocok digunakan untuk majalah bergambar atau komi bergambar. Tugas dari font huruf ini sangat dspesifik yaitu untuk tulisan bergambar. 

  • Dingbat

Jika anda sering melihat beberapa logo yang berasal dari bentuk huruf, maka itu disebut dengan Dingbat. Dingbat adalah jenis tulisan yang bentuknya lebih mirip simbol simbol. Tujuannya untuk memudahkan orang pada beberapa simbol yang telah lumrah dan biasa digunakan. Misalnya simbol Facebook yang menggunakan huruf F dan tebal, Dingbat mewakilinya. 

Variasi Dingbat juga sangat banyak, anda bisa menemukannya dalam font pictogram, elemen desain tertentu, elemen user interfance (UI), button, ilustrasi dan bullet list. Salah satu keuntungan dari font ini untuk para desainer adalah, tipak perlu melakukan edit khusus untuk menyerupai simbol yang umum. Anda bisa langsung menemukannya di dalam font Dingbat ini. 

  • Hand Drawn 

Seperti namanya, font ini dibuat berdasarkan tulisan tangan para desainer. Beberapa di antaranya adalah guratan dari tangan para selebriti, tapi beberapa diantaranya berasal dari tulisan melalui sketsa yang kemudian di scan ke aplikasi desain. Ini cocok digunakan di beberapa desain yang ingin membantu mencarikan nuansa alami. 

Ada beberapa jensi font hand drawn yang mudah dibaca, namun ada juga yang sangat susah untuk dibaca. Ini semua karena tergantung mood dari para desainer yang memberikan sentuhan pada desain hand drawn ini. Walaupun beberapa di antaranya adalah hasil sketsa, tapi tentu melalui pilihan desain dari para ahli. Tidak ada batasan untuk menciptakan seni tulisan tangan ini, tapi biasanya membutuhkan desain dengan menggabungkan jenis art deco , tipis, tebal dan sebagainya. 

Pada dasarnya, semua font bisa digunakan asalkan sesuai dengan tempat dan jenis kalimatnya saja. Anda bisa menempatkannya dan menyesuaikan dengan desain yang diinginkan. Untuk tulisan atau iklan bagian tulisan yang tidak membutuhkan ketertarikan lebih, maka bisa gunakan model atau jenis font yang biasa. Tapi jika ingin membuat sebuah judul atau sampul buku atau sampul iklan, maka sangat disarankan untuk menggunakan jenis font yang mencolok. 

Dengan begitu hasil desain yang Anda buat sesuai dengan keinginan yang dipesan. Pesan yang disampaikan kepada masyarakat tentang desain yang diberikan bisa sampai kepada pembaca. Kemudian jelas dan tidak menduga duga apa maksud dari tulisan yang disampaikan. Anda bisa menambahkan warna dan ukuran yang sesuai dan sekiranya masuk akan untuk dijadikan sebuah judul sampul atau tulisan lainnya yang memiliki tujuan untuk dibuat tertarik. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *