Jenis Truk untuk Mengirim Barang

  • by
truk untuk mengirim barang-min

Hampir seluruh lini bisnis yang ada di dunia membutuhkan armada untuk mengangkut inventarisnya, dan salah satu jenis armada tersebut adalah truk. Truk barang dipilih karena memiliki daya tampung yang banyak, sehingga proses pengiriman menjadi jauh lebih mudah dan cepat.

Truk juga dianggap lebih aman untuk mengangkut barang daripada menggunakan motor atau mobil. Selain itu, truk bisa digunakan untuk mengangkut berbagai jenis dan ukuran barang, mulai dari pakaian, makanan dan minuman dalam box, mesin, dan motor. Tak hanya satu, jenis truk ada beberapa macam.

Berbagai Jenis Truk Pengangkutan

Sifat produk yang ingin Anda angkut menentukan truk atau trailer terbaik yang cocok untuk pengangkutannya. Apakah Anda ingin mengangkut barang berukuran besar? Mungkin juga ingin mengangkut barang dalam keadaan beku, ada berbagai jenis truk untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Namun sebelum menyewa truk pengangkut, pertimbangkan baik-baik barang yang akan diangkut dan pilih truk yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda. Umumnya, truk pengangkut barang dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu truk trailer tetap dan truk trailer terpisah.

Keduanya banyak digunakan dalam layanan logistik dan sangat ideal untuk berkendara off-road. Namun, menurut daya dukung dan desainnya, truk pengangkut barang dibagi lagi menjadi sembilan jenis, seperti berikut ini:

1. Truk Semi-Trailer

Truk semi-trailer adalah salah satu truk pengangkut barang yang paling populer. Sebagian besar industri pengangkutan menggunakan truk ini untuk kebutuhan pengangkutannya.

Kapasitas angkut maksimum truk ini kira-kira 24.000 kg. Jenis truk ini paling banyak digunakan untuk mengangkut barang-barang besar, seperti mobil, potongan kayu super besar, dan barang-barang lain yang bisa ditumpuk.

2. Truk Lurus

Truk barang lain yang juga populer adalah truk lurus. Truk ini juga disebut truk kubus, van kubus, atau truk boks. Truk lurus memiliki sasis yang sama, dan biasanya digunakan untuk mengangkut furniture serta berbagai jenis peralatan rumah tangga.

3. Truk Jumbo

Truk jumbo adalah versi yang lebih besar dari truk semi-trailer. Truk ini didesain dengan lantai berbentuk G. Sesuai dengan namanya, diameter berukuran jumbo/besar dan kapasitas angkutnya kurang lebih 27 ton, dengan begitu truk ini sangat ideal untuk mengangkut barang dalam jumlah besar.

4. Detachable Trailer Truck

Detachable trailer truck adalah salah satu truk tugas berat yang memiliki mekanisme pengangkatan di bagian belakang, sehingga dapat membantu memuat barang dengan sangat mudah. Kapasitas angkut truk ini berkisar antara 500-200 kg. Truk jenis ini umumnya digunakan untuk tujuan distribusi.

5. Truk Trailer yang Dapat Dilepas

Sebuah truk trailer yang dapat dilepas sangat menguntungkan, karena memungkinkan bongkar muat lebih cepat dibandingkan dengan truk lain. Sedangkan kapasitas angkut truk ini berkisar antara 15-25 ton.

6. Truk Flatbed

Disebut flatbed (alas datar) karena truk barang ini memiliki trailer datar panjang tanpa atap yang menyatu dengan kabin pengemudi. Karena tidak memiliki atap, truk ini mudah untuk memuat atau menurunkan barang.

Truk ini menjadi sangat populer karena keserbagunaannya, salah satunya adalah sangat ideal untuk membawa barang berukuran besar seperti kayu, pipa, bahan konstruksi, dan sejenisnya. Barang-barang ini dapat dibongkar atau dimuat dari atas menggunakan crane.

Truk flatbed dapat membawa lebih dari 25 ton beban dengan mudah. Truk ini juga bisa digunakan untuk mengangkut mobil dan alat berat.

7. Truk Pendingin

Seperti namanya, truk pendingin digunakan untuk mengangkut produk dalam keadaan beku atau dingin. Jenis truk ini dilengkapi unit pengatur suhu, yang memungkinkan Anda mengontrol suhu di dalam truk meskipun udara di luar sangat panas atau dingin.

Truk ini sangat spesial karena hanya mengangkut barang-barang sensitif yang mudah rusak. Penanganan dan teknik penyimpanan barang-barang didalamnyapun harus cermat untuk menjaga integritas dan kualitasnya. Barang-barang yang biasanya diangkut: produk pertnian, obat-obatan, sayur, dan buah-buahan.

Namun, truk ini lebih mahal daripada truk standard, karena menggunakan bahan bakar ekstra untuk menjaga sistem kontrol suhu tetap berjalan. Jenis truk pendingin yang paling umum adalah truk 18 roda dan truk semi-trailer.

8. Truk Trailer Lowboy

Trailer lowboy adalah truk trailer tanpa atap yang biasa digunakan untuk mengangkut barang-barang tinggi dan besar/panjang.

Barang yang diangkut menggunakan trailer lowboy biasanya adalah barang-barang yang telah melebihi batas ketinggian resmi barang yang biasanya diangkut menggunakan trailer flatbed. Sama seperti trailer flatbed, truk lowboy bisa memuat barang dari samping, atas, dan belakang.

9. Truk Derek

Disebut truk derek karena kendaraan ini memiliki perlengkapan khusus (derek), yang bisa digunakan untuk menarik kendaraan lain. Alat ini juga cukup kuat untuk mengangkat dan menarik kendaraan besar jika diperlukan.

Beberapa truk derek dapat mengangkat kendaraan lain sepenuhnya hingga ke bagian atas truk, dan beberapa jenis yang lain hanya mengangkat roda depan kendaraan lain dan menariknya.

Karakteristik Truk Barang

Truk barang adalah kendaraan berat yang banyak digunakan untuk mengangkut barang dari satu tempat ke tempat lain. Setiap jenis truk memiliki karakteristik dan kemampuan berbeda yang tidak dapat diubah.

Namun secara garis besar, truk pengangkut memiliki sejumlah karakteristik serupa seperti berikut ini:

  • Lebih besar dan tinggi dari mobil biasa.
  • Ukuran roda / ban lebih besar dari kendaraan roda empat lainnya, dengan jumlah ban minimal empat. Ada juga yang jumlah ban 6, 8, 10, 12, bahkan 22 buah.
  • Beberapa jenis truk tidak memiliki atap.
  • Desainnya jauh lebih kokoh dan kuat.
  • Bisa melewati berbagai medan termasuk jalan rusak dan banjir.

Jasa Kirim yang Menyediakan Truk Barang

Salah satu tantangan terbesar saat mengirim barang adalah memindahkannya dari satu titik ke titik lain, tanpa merusaknya dan juga dalam kurun waktu yang tidak sebentar. Setiap kurir yang menanganinya juga sangat berpengaruh terhadap keamanan barang Anda.

Karena itu, Anda harus bijak saat memilih jasa ekspedisi yang akan mengirim barang-barang Anda. Khusus warga Kediri dan sekitarnya, jasakirim.id merupakan ekspedisi layak digunakan. Alamatnya jasakirim.id ini ada di Jl. Merak No. E21, Jongbiru, Kecamatan Gampengrejo, Kota Kediri, Jawa Timur.

Ekspedisi ini menyediakan beberapa transportasi dan layanan logistik untuk mengangkut berbagai jenis barang, mulai dari produk pertanian, bahan-bahan bangunan, mesin, hingga motor dan mobil.

Dari barang ringan, kecil, besar, dan berat, jasa pengiriman barang ini siap melayani Anda. Tersedia juga tiga opsi pengiriman, yaitu jalur darat, laut, dan udara.

Kami bisa melayani jasa pengiriman barang untuk daerah dalam pulau (door to door) maupun luar pulau (door to port). Untuk layanan luar pulau kami mempunyai contoh layanan yaitu Jasa Ekspedisi Surabaya Makassar, yang sudah dipercaya banyak orang.

Jika ingin mengangkut produk Anda dengan aman dan utuh sampai ke tempat tujuan, maka Anda bisa menghubungi jasakirim.id. Jasa ini juga menawarkan harga murah dan bisa mengambil barang ke lokasi rumah atau kantor Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *