Jadwal Vaksin Ayam Minggu 1-10

Jadwal vaksin ayam tentunya harus diketahui dengan baik oleh peternak ayam. Pasalnya,  ayam terutama untuk ayam kampung dan ayam joper mulai dari hari pertama harus sudah dilakukan vaksin. Tujuan vaksin tentunya untuk kebaikan ayam agar sistem imun tubuhnya meningkat, makanya vaksin tak boleh dilakukan sembarangan. Begitu juga prosedur dan peralatan pun harus digunakan yang terbaik.

Jadwal Vaksin Ayam Minggu 1 – 10

vaksin ayam

1. Minggu Pertama

Ketika ayam kampung masih berumur 1 minggu mulai dari hari pertama lahir sudah diberikan vaksin. Berkaitan dengan hal ini diberikan obat ataupun vitamin ketika masih berumur 1 hingga 5 hari yaitu  Neomeditril. Ketika sudah berumur 3 hari, diberikan vaksin ND/ IB yang diteteskan ke mata ayam.

2. Minggu Kedua

Ayam yang berumur 8 sampai 10 hari, juga masih diberikan Neomeditril. Saat sudah berumur 11 hari, diberikan vaksin Gumboro ke 1 diberikan dalam bentuk minuman  sebanyak 2 dosis. Sedangkan ketika sudah berumur 12 hingga 14 hari diberikan obat dan vitamin Vitastress.

3. Minggu Ketiga

Jadwal vaksin ayam umur 15 hingga 17 hari, diberikan Neomeditrill. Umur ke-18 hari, diberikan vaksin ND/ IB juga dalam bentuk minuman sebanyak 2 dosis. Sedangkan ketika sudah berumur 20 hingga 21 hari baru diberikan  Vitastress.

4. Minggu Keempat

Ayam berumur 22-23 hari diberikan Neomeditrill, kemudian umur ke-24 hari diberikan Gumboro ke-2 dalam bentuk minuman 2 dosis. Sedangkan umur 25-28 hari diberikan vaksin Vitastress.

5. Minggu Keenam

Ketika sudah berumur 35 hari, diberikan vaksin Al H5-N9 yang disuntik pada tubuh ayam sebanyak 1 dosis. Hari selanjutnya hingga umur 38 hari, diberikan Neomeditril. Kemudian hari ke-39 diberikan ND/IB dalam bentuk minuman sebanyak 2 dosis. Selanjutnya hingga hari ke-42 diberikan Vitastress.

6. Minggu Kedelapan

Jadwal vaksin ayam kampung yang sudah berumur 50 hingga 60 hari, diberikan Vitabre.

7. Minggu Kesepuluh

Ketika sudah berumur 64-70 hari, maka ayam juga masih diberikan Vitabre. Meskipun sudah ada nama vaksin ataupun vitaminnya, tetap saja tak boleh diberikan secara langsung. Ikuti prosedur dengan benar dan sebaiknya diberikan oleh vaksinator yang sudah berpengalaman.

Vaksin sebelum digunakan disimpan dalam lemari es dengan suhu 2-8 derajat celcius. Jadi, tdak dibiarkan terkena matahari langsung. Jika vaksin ingin diangkut ke tempat yang jauh, maka vaksin ditempatkan ke dalam wadah terlebih dulu dengan isolasi yang baik tentunya.

Mengapa ada jadwal untuk dilakukan vaksinasi? Karena jika terlalu sering diberikan vaksin, maka ayam akan stress. Sedangkan jika diberikan  vaksin terlambat, maka risiko terserang penyakit akan lebih tinggi.

Jadi, tak boleh tak sesuai jadwal vaksin ayam yang sudah ditentukan. Kemudian, penggunaan alat seperti jarum digunakan yang steril dan tidak berkarat agar kulit tubuh ayam tidak mengalami infeksi. Aplikasi suntik vaksin pun harus sesuai dengan target organ tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *