Apa aja sih Fungsi Konstitusi?

fungsi konstitusi

Konstitusi, atau sebutan lainnya Undang-Undang Dasar (UUD), menjadi salah satu komponen yang diperlukan dalam membentuk sebuah negara. Hal tersebut karena konstitusi adalah dasar hukum di dalam sebuah negara.

Beberapa ahli mengartikan konstitusi menjadi beragam definisi. Menurut E.C.S. Wade dan G.Philips, konstitusi adalah naskah yang memaparkan rangka dan tugas pokok, serta menentukan cara kerja dari semua badan pemerintahan di suatu negara.

Sementara itu, K.C.Wheare memberikan pengertian konstitusi sebagai keseluruhan sistem tata negara, yang berupa kumpulan peraturan-peraturan dalam pemerintahan suatu negara yang sifatnya membentuk, mengatur, dan memerintah.

C.F. Strong mendefinisikan konstitusi sebagai sekumpulan asas yang mengatur soal kekuasaan, hak-hak pemerintah, serta hubungan antara pemerintah dengan warga negara.

Jika tadi kita sudah bicara soal pengertian konstitusi, kita juga perlu tahu soal fungsi-fungsinya. Apa saja sih? Kami akan ulas dalam artikel kali ini.

Fungsi Konstitusi Secara Umum

Secara umum, konstitusi memiliki beberapa fungsi. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • konstitusi membatasi kekuasaan pemerintah agar tidak sewenang-wenang. Hasilnya, hak-hak warga negara bisa terlindungi dan tersalurkan secara merata.
  • sebagai piagam kelahiran sebuah negara
  • sebagai sumber hukum tertinggi di suatu negara
  • sebagai alat untuk membatasi kekuasaan
  • sebagai lambang dan identitas nasional
  • sebagai pelindung hak asasi manusia dan kebebasan warga suatu negara

Konstitusi sebagai Dasar Hukum

Fungsi konstitusi adalah sebagai dasar hukum, konstitusi bersifat mengikat, baik di pemerintahan, lembaga negara, juga di setiap warga negara. Konstitusi juga memuat norma-norma, aturan, kaidah, atau ketentuan yang wajib dilaksanakan oleh semua pihak yang terkait pada negara.

Konstitusi sebagai Sumber Hukum Tertinggi

fungsi konstitusi

Konstitusi juga berfungsi sebagai sebuah sumber hukum tertinggi di sebuah negara. Setiap produk hukum yang diterbitkan negara, contohnya Undang-undang (UU), peraturan pemerintah (PP), dan Peraturan Pengganti Undang-undang (Perpu), harus berdasarkan pada konstitusi alias Undang-undang Dasar (UUD). Tak hanya itu, setiap kebijakan yang diambil pemerintah juga harus berlandaskan konstitusi.

Konstitusi sebagai Patokan Dasar Tata Negara

Konstitusi juga memiliki fungsi sebagai alat kontrol, atau alat untuk mengecek kesesuaian semua norma hukum yang terbit di bawahnya. Bagi sebuah negara, konstitusi dijadikan sebagai patokan dasar dalam mengatur pemerintahan dan tata negara.

Sebagai Alat Pembatas Kekuasaan

Bisa dibilang, konstitusi adalah bentuk dari kontrak sosial yang telah dirancang dan disepakati bersama oleh wakil rakyat sebagai pemegang amanat yang mewakili suara rakyat. Oleh karena itu, konstitusi harus menjadi pedoman untuk negara dan pemerintah dalam memahami hak-hak dan wewenangnya dalam menjalankan sebuah negara.

Konstitusi juga memberikan legitimasi terhadap kekuasaan pemerintah, baik itu terhadap rakyat dalam sistem pemerintahan demokrasi, ataupun raja dalam sistem pemerintahan monarki terhadap organ-organ pemerintahan sebuah negara.

Tujuan Konstitusi

Selain fungsi-fungsi di atas, konstitusi juga memiliki tujuan, diantaranya:

  • memberikan pembatasan sekaligus pengawasan terhadap kekuasaan politik
  • melepaskan kontrol kekuasaan dari penguasaan sendiri. Tujuan ini berarti juga memberikan perlindungan terhadap hak asasi manusia (HAM) dari warga negara
  • memberikan batasan-batasan serta ketetapan bagi para penguasa dalam menjalankan kekuasaannya. Hal ini dilakukan untuk memberikan pedoman bagi penyelenggara negara.

Jadi, fungsi konstitusi dalam sebuah negara sangatlah penting dan krusial. Oleh karena itu, dalam suatu negara terdapat lembaga yang mengawasi penerapan konstitusi. Di Indonesia, kita mengenalnya sebagai Mahkamah Konstitusi.

Sekian artikel kami kali ini seputar fungsi konstitusi. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda seputar konstitusi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *